Bisnis

BKPM Bakal Membuat Tiga Acara untuk Tingkatkan Lapangan Pekerjaan

Jakarta, Liputan7up.com – Dalam usaha menggerakkan investasi buat penambahan lapangan kerja serta penghasilan penduduk, Tubuh Pengaturan Penanaman Modal atau BKPM akan mengadakan tiga acara sekaligus juga pada 11-14 Maret 2019.

Ke-3 acara yang akan diselenggarakan di ICE BSD City, Tangerang, Banten itu, pada lain ialah Regional Investment Komunitas (RIF) pada 11 Maret 2019, Rakornas Investasi 2019 pada 12 Maret 2019, serta Pengaturan Pengawalan Investasi Manfaatkan Aplikasi atau KOPI MANTAP pada 13-14 Maret 2019.

Plt Deputi Peningkatan Iklim Modal BKPM, Yuliot menuturkan, Rakornas Investasi 2019 kesempatan ini mempunyai tujuan untuk mengonsolidasikan program serta pekerjaan, bersama dengan beberapa perangkat penanaman modal baik di tataran pusat ataupun daerah.

“Sesuai dengan topik Rakornas Investasi 2019, dimana investasi akan didorong buat penambahan lapangan kerja serta penghasilan penduduk, jadi karenanya ada pergantian, dan penerapan investasi online serta off line, pekerjaan BKPM ini sudah sesuai dengan trend investasi sekarang ini,” kata Yuliot di kantornya, lokasi Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu 6 Maret 2019.

Selain itu, untuk penyelenggaraan Regional Investment Komunitas (RIF), Yuliot menuturkan, nanti akan ada seputar 250 start up yang akan didorong serta difasilitasi oleh pemerintah, supaya makin berkembang.

“Pun tentang peraturan, apakah yang sangkanya dibutuhkan untuk peningkatan start up serta ekosistemnya. Kelak, disana akan ada session match making serta pitching,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Fasilitasi Promo Daerah BKPM, Indra Darmawan menuturkan, penyelenggaraan RIF mempunyai tujuan untuk buka mata, wacana, serta jaringan beberapa pemerintah daerah, tentang kekuatan digital ekonomi di seputar mereka.

“Seperti salestock contohnya, dimana omzetnya dapat semakin besar dari Shopee. Ia itu dari Yogya, tetapi Pemdanya tidak sempat dengar. Jika mereka mengetahui, kan mereka dapat membantu serta start up itu dapat melesat. Hingga, efek buat perekonomian daerah pun riil,” kata Indra.

Oleh karena itu, Indra juga mengakui suka dengan tingginya apresiasi penduduk pada penyelenggaraan acara RIF. Hal tersebut dapat dibuktikan, dari membludaknya jumlahnya peserta, yang jauh diatas jumlahnya yang sudah direncanakan pihaknya.

“Awalannya, kita targetkan 550 peserta dari acara RIF, tetapi sekarang ini, telah sampai 780 pendaftar. Sebab, walau pendaftarannya telah kita tutup minggu lantas, tapi ada banyak yang mendaftarkan, bahkan juga di luar negeri, jadi tidak dapat kita tolak,” katanya.

Didapati, dalam acara Rakornas Investasi pada 12 Maret 2019, gagasannya Presiden Joko Widodo akan buka Pengaturan Pengawalan Investasi Manfaatkan Aplikasi atau KOPI MANTAP, sekalian memberi instruksi pada beberapa peserta.

Tujuan jumlahnya peserta yang sampai 850 orang itu, nanti akan mencakup beberapa Kepala Daerah, Gubernur, Bupati/Wali Kota, DPM PTSP Propinsi, Administrator KEK/KPBPB, dan perwakilan dari Kementerian serta Instansi.

Click to comment
To Top