Health

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga?

liputan7up – Ada beberapa orang yang tengah sibuk bangun pagi untuk berolahraga, ada juga yang malah lebih memilih berolahraga pada siang hari ataupun sore.

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang seharusnya menjadikan tubuh menjadi lebih baik. Namun, apabila anda berolahraga tidak pada waktu yang tepat, hasilnya tidak akan sesuai yang diinginkan.

Menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga sebenarnya tergantung dari kegiatan dan aktivitas masing-masing orang.

Berikut ini kami bagikan pro dan kontra berolahraga pada pagi dan sore hari.

Keuntungan Berolahraga pada Sore Hari

Banyak orang yang memilih keuntungan dalam sesi olahraga pagi hari. Namun bila Anda tidak memiliki waktu pada saat itu, tidak usah khawatir.

Riset mengatakan bahwa tubuh kita mampu beradaptasi pada jam olahraga yang konstan.

Jadi, apabila kita sering berolahraga pada jam 4 sore, kemungkinan besar tubuh kita akan terbiasa dan mampu beraktivitas dengan lebih baik dari jam lainnya.

Karena menurut penelitian, dengan waktu olahraga yang sama setiap harinya, konsumsi oksigen dalam tubuh akan meningkat sebab tubuh telah terbiasa dengan siklus tersebut setiap harinya.

Temperatur tubuh Anda merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas sebuah olahraga.

Tubuh yang cenderung dingin membuat otot-otot menjadi kaku, kurang efisien, dan cenderung rentan mengalami keseleo. Sebaliknya, suhu tubuh yang lebih tinggi membuat otot-otot di badan lebih fleksibel.

Suhu tubuh biasanya akan naik seiring berjalannya waktu, jadi kekuatan otot dan daya tahan akan meningkat pada saat sore hari.

Sore hari juga menjadi saat dimana detak jantung dan tekanan darah merupakan yang terendah, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan cenderung mengurangi kemungkinan cedera.

Tingkat hormon juga sangat penting dalam menentukan waktu olahraga yang optimal. Hormon testosteron adalah salah satu hormon terpenting dalam pembentukan dan pertumbuhan otot.

Saat sore hari, tubuh memproduksi lebih banyak hormon testosteron dibandingkan pagi atau malam hari sehingga memberikan Anda yang berolahraga pada sore hari keuntungan yang cukup besar.

Ditambah lagi, hormon kortisol, yaitu hormon yang membantu menyimpan lemak dan mengurangi massa otot lebih tinggi pada pagi hari dan menurun setelahnya.

Keuntungan Berolahraga pada Pagi Hari

Terkadang lebih mudah mengikuti rutin olahraga pada pagi hari ketimbang waktu lainnya. Karena biasanya kita melakukan aktivitas lainnya pada siang dan sore hari.

Olahraga pagi juga menjadi pilihan yang baik untuk mengawali hari tanpa stress. Dikarenakan olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh, dimana apabila dilakukan pada malam hari akan mengganggu tidur Anda.

Sebuah studi menjelaskan bahwa berolahraga pada pagi hari dapat membantu kita tidur dengan nyenyak dibandingkan sore atau malam hari.

Studi lainnya juga menyebutkan dengan olahraga 45 menit pada pagi hari seperti berlari menggunakan treadmill membantu mengurangi nafsu makan untuk beberapa jam ke depan.

Dikatakan juga bahwa orang yang berolahraga dengan perut kosong pada pagi hari dapat membakar lemak hingga 20% lebih banyak.

Baca juga berita bola disini!!

Namun pada akhirnya, yang paling penting adalah menemukan jadwal olahraga yang realistik dan konsisten, tidak peduli kapan.

Jika olahraga pada pagi hari merupakan waktu yang terbaik bagi Anda, jangan lupa melakukan pemanasan untuk meregangkan otot yang kaku.

Carilah partner olahraga yang memotivasi, dan simpanlah selalu tas olahraga di kantor maupun di rumah untuk meminimalisir alasan untuk tidak berolahraga.

Kembali ke awal

7upCash Bandar & Agen Bola, Casino, Slot & Poker Terpercaya

Click to comment
To Top